
Pengembangan diri bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, dan minat setiap peserta didik sesuai dengan kondisi madrasah. Kegiatan pengembangan diri difasilitasi dan atau dibimbing oleh konselor, guru, atau tenaga kependidikan yang yang dapat dilakukan dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan pengembangan diri dilakukan melalui kegiatan pelayanan konseling yang berkenaan dengan masalah diri pribadi dan kehidupan sosial belajar, dan pengembangan karir peserta didik.
Penilaian pengembangan diri dilakukan secara kualitatif. Adapun tahapan kegiatan pengembangan diri dilakukan dengan cara:
- Identifikasi yang meliputi daya dukung, potensi bakat dan minat peserta didik dan potensi
- Pemetaan untuk :
- Jenis layanan pengembangan diri
- Petugas yang melayani
- Peserta didik yang dilayani
- Pelaksanaan program
- Pelaksanaan ( Orentasi, pemantapan, pengembangan )
- Monitoring Pelaksanan
- Penilaian ( terjadwal, terstruktur, kualitatif )
- Analisis hasil penilaian (berbasis data, proporsional, realistis, valid, transparan dan akuntabel)
- Pelaporan berupa format deskripsi dalam buku laporan pengembangan diri.
Pengembangan diri terdiri atas 2 (dua) bentuk kegiatan, yaitu terprogram dan tidak terprogram atau pembiasaan.
1. Kegiatan pengembangan diri secara terprogram dilaksanakan dengan perencanaan khusus dalam kurun waktu tertentu untuk memenuhi kebutuhan peserta didik secara individual, kelompok, dan atau klasikal melalui penyelenggaraan kegiatan sebagai berikut ini.
Tabel Program Pengembangan Diri Terprogram
Kegiatan | Pelaksanaan |
Layanan dan kegiatan pendukung konseling | · Individual
· Kelompok: tatap muka guru BP masuk ke kelas |
Ekstrakurikuler
|
· Kepramukaan ( ekstra wajib)
· Tahfidz Juz Amma dan Juz 1 (kelas atas) · Drumband · Tari · Marawis · Taekwondo |
2. Kegiatan pengembangan diri secara tidak terprogram dilaksanakan dengan perencanaan khusus dalam kurun waktu tertentu untuk memenuhi kebutuhan peserta didik secara individual, kelompok, dan atau klasikal melalui penyelenggaraan kegiatan sebagai berikut ini :
Tabel Program Pengembangan Diri Tak Terprogram (menyesuaikan dengan program madrasah)
Kegiatan | Pelaksanaan |
Rutin
|
· Baca Al Qur’an sebelum memulai pembelajaran
· Shalat Dhuha · Shalat dzuhur dan asar berjamaah |
Spontan/pembiasaan | · Salam, Senyum, Sapa
· Cium tangan guru · Membuang sampah pada tempatnya · Besuk teman dan guru yang sakit · Sikat gigi |